LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
FOTO KEPALA DINAS

Drs. MELFI, M.Si
NIP. 196605061986021005

Pemetaan Guru Berbasis Kinerja dan Prestasi Mulai Disosialisasikan
Ditulis oleh : Super Administrator - Bidang :

05 Juni 2017 - 08:58:15 WIB

Bukittinggi,

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) bakal menerapkan Peraturan Wali Kota (Perwako) tentang penataan dan pemetaan guru terutama pada guru Sekolah Dasar di Kota Bukittinggi. Bahkan Perwako ini telah dilengkapi dengan petunjuk teknisnya.

Saat ini sedang dilakukan uji publik dan sosialisasi kepada guru, stake holder peduli pendidikdan  dan kepala sekolah. Dengan cara seperti ini akan diperoleh informasi dan data yang sahih tentang pemetaan mutu guru yang diharapkan nanti berimplikasi terhadap mutu lulusan.

Hal itu Kepala Disdikbud Kota Bukittinggi melalui Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Peningkatan Mutu Pendidikan Hj.Yetti Herlina saat dialog interaktif di Programa 1 RRI Bukittinggi Rabu, (30/05).

Acara yang dipandu penyiar muda yang energik Ihsan menampilkan narasumber disamping Hj. Yetti Herlina, juga hadir Koordinator Pengawas Sekolah Asril,M.Pd, Misyar,M.Pd pengawas SD berprestasi dan Almujafri Surau Praktisi Pendidikan.

Menurut Hj. Yetti Herlina latar belakang lahirnya inovasi optimalisasi penataan dan pemetaan guru berbasis kompetensi dan prestasi ini selama ini belum ada sistem yang jelas tentang pemetaan guru khususnya di Kota Bukittinggi sehingga penataan dan pemetaan guru belum terlaksana dengan optimal. Oleh karena itu, katanya perlu disusun suatu sistem yang jelas dan terukur tentang penataan dan pemerataan mutu guru dan dapat teresalisasi sesuai dengan tujuan dan program pemerintah.

Hal ini, tambah Yetti juga menyikapi imbauan Walikota Ramlan Nurmatias pada berbagai kesempatan agar Dinas Pendidikan melakukan penataan dan pemetaan guru sehingga dapat melakukan penyebaran dan pemerataan guru. Di suatu sekolah, ada guru yang berlebih dan di sekolah lain banyak guru yang kurang. Agar tidak terjadi benturan/gesekan antara guru, kepala sekolah dan dinas pendidikan perlu dibuat suatu sistem yang jelas dan terukur tentang penataan dan pemetaan guru.

Sedikitnya ada lima indikator utama dalam pemetaan mutu, tukuk Yetti yaitu nilai kualifikasi pendidikan guru, nilai uji kompetensi guru (ukg), nilai prestasi kinerja guru (pkg), nilai prestasi guru dan nilai kompetensi sosial/kepribadian guru. Untuk saat ini, penataan dan pemetaan mutu guru baru dilaksanakan pada guru sekolah dasar dan dilaksanakan secara bertahap mulai guru kelas 1 dulu dan seterusnya sehingga di sekolah tidak menumpuk guru berprestasi saja sementara  sekolah yang dipinggir tidak ada guru yang hebat, tentu hasil pendidikan/ouputnya juga akan senjang.

Di tempat sama, Korwas Asril mengatakan jika Perwako ini benar-benar terealisasi, Kota Bukittinggi merupakan yang pertama menerapkan pemerataan guru berbasis kinerja dan prestasi. Jika hal ini diberlakukan nanti akan memberikan rasa adil dan motivasi kepada guru untuk berkompetisi secara sehat.

Ia pun optimis kehadiran Perwako ini dapat menyebarkan/pemerataan guru tanpa benturan karena didasari oleh ukuran yang jelas. Tetapi ia juga berharap sebelum hal ini diterapkan perlu sosialisasi dan masukkan dari masyarakat yang peduli pendidikan termasuk guru dan kepala sekolah. (als)


 

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana pendapat anda tentang Kurikulum 2013?
Sangat Bagus
Bagus
Cukup Bagus
Buruk
Sangat Buruk

HASIL POLLING
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 141910 kali