LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
FOTO KEPALA DINAS

Drs. MELFI, M.Si
NIP. 196605061986021005

Hasil UN SD Sudah Keluar
Ditulis oleh : Super Administrator - Bidang :

14 Juni 2017 - 14:41:30 WIB

 

Bukittinggi,

“Anak-anak Bukittinggi memang hebat”, kata Wakil Presiden Yusuf Kalla beberapa waktu lalu di Aula Kantor Gubernur Sumbar ketika memberikan penghargaan/reward kepada siswa yang meraih nilai tertinggi hasil Ujian Nasional (UN). Waktu itu, semua jenjang pendidikan mulai SD hingga SLTA nilai terbaik didominasi anak-anak dari Kota Wisata Bukittinggi.

Tahun 2017, prestasi bergengsi bidang pendidikan hasil Ujian Nasional (UN) kembali diraih anak-anak Bukittinggi. Sebelumnya jenjang pendidikan SMP/MTS, anak-anak kota berhawa sejuk ini berhasil meungguli anak-anak dari 19 Kabupaten/Kota di Sumbar berhasil meraih posisi teratas hasil UNBK.

Berdasarkan rilis/data yang diserahkan Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar kepada kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di Padang Selasa, (13/06) Kota Bukittinggi berada pada posisi puncak dengan total nilai 256.27. Tempat kedua diduduki Kabupaten Agam dengan nilai terpaut jauh dari Kota Bukittinggi 240.55. Sedangkan urutan ketiga diraih Kota Sawah Lunto dengan total nilai 239.43 dari tiga mata pelajaran yang diujikan yakni bahasa Indonesia, Matematika dan IPA.

Masih berdasarkan rilis itu, sepuluh murid yang meraih nilai tertinggi di Sumbar, enam orang diantaranya berasal dari SD  Kota Jam Gadang Bukittinggi. Enam murid yang telah menoreskan prestasi gemilang tingkat Sumbar itu adalah peringkat pertama Rizka Putri Ananda murid SDN 11 Campago Guguak Bulek dengan jumlah nilai 297.50, disusul Wahyu Septa Prima, Zahrina Amalia Usmi  murid SDN 02 Percontohan dan Suci Rahmadani SDN 09 Manggis Ganting peringkat dua dengan nilai sama yakni 293.00. Berikutnya dengan jumlah nilai yang sama 292.50 diraih Naysilia Angel SDS Fransiskus dan Indah Aprilia Nasution murid SDN 09 Manggis Ganting. Empat murid lagi dengan jumlah nilai yang sama 293.00 berasal dari SDN 09 Pakan Sinayan,SDN 08 Talao,SDN 27 Rajo Dani dan SDN 29 Kamang.

Kepala Disdikbud Kota Bukittinggi Melfi Abra di hadapan kepala SD se Kota Bukittinggi di Aula kantor tersebut ketika menyerahkan hasil USBN mengatakan pihak menyampaikan selamat kepada seluruh kepala sekolah, guru dan komite atas kerja keras dan usaha yang sungguh-sungguh, Bukittinggi kembali menorehkan prestasi terbaik hasil USBN tingkat Sumbar.

“Hasil USBN ini adalah hasil kerjasama kolektif, tidak hanya usaha semata kepala sekolah, guru tetapi orangtua murid juga berperan termasuk kesungguhan murid dalam belajar”, ujar Melfi yang didampingi Kabid Pendidikan Dasar Almisri, Kabid Peningkat Mutu H. Yetti Herlina dan Asrizal Kasi Kurikulum.

Melfi juga mengingatkan para kepala sekolah agar jangan cepat puas dengan prestasi yang dicapai. Di awal tahun pelajaran ini marilah kita susun program tidak hanya mengejar kecerdasan intelektual saja tetapi yang lebih penting dari itu adalah pendidikan karakter peserta didik. “Kita ingin melahirkan anak didik, cerdas tetapi memiliki karakter dan budi pekerti yang baik”, sebutnya.

Menyinggung penerimaan murid baru, ia minta kepala sekolah tetap komitmen dengan peraturan yang ada. Kepala sekolah harus berani menjelaskan kepada orangtua murid tentang kondisi sekolah dan menyampaikan regulasi yang mengatur tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dari Kemendikbud. Jika ada kepala sekolah yang melanggar ketentuan PPDB itu, lanjut tentu akan menuai resiko, data murid tidak masuk ke Dapodik bisa juga guru di sekolah itu tidak menerima tunjangan sertifikasi.

Di akhi pertemuan itu, kepala Disdikbud Melfi Abra menyerahkan hasil USBN kepada kepala sekolah, sambil menyampaikan peringkat sekolah mulai peringkat pertama sampai peringkat sepuluh. Peringkat pertama diraih SDN 09 Manggis Ganting dengan total nilai 284.80, disusul SD Islam Al Falah dengan nilai 283,77 dan posisi ketiga diraih SDN 02 Percontohan dengan 275.37 dari 57 SD se Kota Bukittinggi. (als)


JAJAK PENDAPAT
Bagaimana pendapat anda tentang Kurikulum 2013?
Sangat Bagus
Bagus
Cukup Bagus
Buruk
Sangat Buruk

HASIL POLLING
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 141911 kali