LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
FOTO KEPALA DINAS

Drs. MELFI, M.Si
NIP. 196605061986021005

Sekolah Agar Lakukan Inovasi
Ditulis oleh : Super Administrator - Bidang :

13 Juli 2017 - 11:24:35 WIB

Bukittinggi,

Gairahkan kembali lomba-lomba di sekolah. Melalui lomba siswa akan termotivasi siswa untuk berkreativitas. Kegiatan sekolah jangan hanya monoton. Kepala sekolah harus mampu melakukan inovasi di sekolahnya untuk mengembangkan bakat, hobby dan talenta yang dimiliki murid.

Lomba yang dimaksud seperti lomba kesenian, olahraga dan kebudayaan seperti lomba panitahan dan pakaian adat minang yang bersumber dari kearifan lokal. Pokoknya bangkitkan kembali lomba-lomba yang dapat mengembangkan potensi yang dimiliki siswa.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bukittinggi Melfi Abra di hadapan ASN Disdikbud usai apel pertama pascalebaran 1438 H di Aula kantor tersebut Jalan Sudirman Senin, (10/07).

Melalui pengawas sekolah, lanjut Melfi diharapkan dapat membimbing sekolah binaannya untuk menyusun program sekolah yang berorientasi pada pengembangan potensi diri peserta didik. Jadi, pengembangan potensi murid itu tambah Melfi tidak saja bidang akademik tetapi juga bidang lain seperti kesenian dan olahraga.

Tugas utama guru ke depan, sambung Melfi bagaimana menciptakan suasana sekolah itu menyenangkan bukan sebaliknya. Untuk itu, perlu diubah “minsed” guru agar tidak hanya mengejar nilai atau angka-angka kepada murid tetapi mereka suka atau mau apa. Jika seluruh siswa diketahui apak yang mereka suka, sekolah wajib memfasilitasinya sehingga mereka merasa senang berada di sekolah.

Pada kesempatan itu, Melfi juga menyampaikan persoalan penerimaan siswa baru yang baru pertama kali dihadapinya sejak dilantik menjadi Kepala Dinas. Walaupun kewenangan SMA/SMK itu telah dialihkan ke Provinsi, namun masyarakat tetapi menaruh harapan kepada pihak Disdikbud dapat menolong  anak mereka agar dapat diterima pada SMA dan SMK Negeri.

“Semua upaya telah dilakukan untuk meyakinkan pihak provinsi Sumbar agar seluruh tamatan SLTP Kota Bukittinggi dapat tertampung pada sekolah negeri. Alhamdulilah, tahun ini banyak siswa Bukittinggi telah memilih masuk SMA Swasta dan SMAN yang berada di interland kota Bukittinggi seperti SMAN 2 Tilatang Kamang di Gaduik, SMAN IV Koto dan SMAN Lambah Biaro.

Di akhir sambutannya, Melfi juga menyampaikan banyaknya pertanyaan yang disampaikan lewad media sosial kepada dirinya selaku kepala dinas, mengapa Kota Bukittinggi lebih awal masuk sekolah dibandingkan dengan daerah lain. Ia menjelaskan pilihan sekolah Senin, (03/07) merupakan komitmen seluruh kepada dinas Kabupaten/Kota di Sumbar ketika rapat di Dinas Pendidikan Sumbar.

Jadi, masih kata Melfi jika harus meralatnya menjadi Senin, (10/07) harus melalui rapat pula. “Pokoknya Bukittinggi memulai masuk sekolah Senin, (03/07) karena Kota ini sering mengadakan kegiatan yang bertaraf nasional mungkin saja melibatkan siswa. Dengan lebih dulu masuk sekolah, kalau sesudah ada libur tidak merugikan murid”, ujar Melfi yang didampingi Sekretarisnya Antoni Samawil dan para Kabid di lingkungan Disdikbud Bukittinggi. (als)


JAJAK PENDAPAT
Bagaimana pendapat anda tentang Kurikulum 2013?
Sangat Bagus
Bagus
Cukup Bagus
Buruk
Sangat Buruk

HASIL POLLING
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 141913 kali